Olahraga Menembak

Pendahuluan

Olahraga menembak adalah olahraga kompetitif yang melibatkan tes kemahiran (akurasi dan kecepatan) dengan menggunakan berbagai jenis senjata seperti senjata api dan senapan angin.
Berburu juga merupakan olahraga menembak. Olahraga menembak dikategorikan berdasarkan jenis senjata api, sasaran dan jarak di mana target dinembak.Induk organisasi olahraga menembak nasional adalah PERBAKIN (Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia).

Teknik Dasar Menembak

Untuk dapat menghasilkan tembakan yang akurat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
1. Kondisi senjata yang digunakan (diminyaki dan bersih, telah di zero)
2. Amunisi/peluru yang dipakai (kaliber sesuai, bentuk sempurna)
3. Kondisi lingkungan, dan (tidak lembab dan tidak berangin)
4. Kondisi petembak (segar dan fit)
Hal dasar yang harus dijadikan pedoman adalah proses terjadinya tembakan. Dimana untuk mendapatkan hasil tembakan yang sempurna diperlukan pengaturan NABITEPI (Napas – Bidik – Tekan Picu).
Pada proses ini, seorang petembak diminta untuk dapat berkonsentrasi dan fokus penuh terhadap sasaran.
Hal pertama yang perlu diatur adalah pernafasan. Dimana untuk mendapatkan hasil tembakan yang baik, nafas tidak ditahan, melainkan ditarik dan dihembuskan secara perlahan dan dinamis.
Selanjutnya adalah bidikan. Bidikan yang baik tidak terlepas dari sikap tembak yang baik. Sikap tembak yang baik adalah sikap tembak yang tidak dipaksakan/alami, dimana untuk posisi badan, lebar kaki, angkatan tangan pada senjata dan mata sesuai dan terarah alami menuju sasaran.
Yang terakhir adalah tekan picu. Yang terakhir dan sering merusak tembakan adalah perlakuan seorang petembak pada picu/trigger senjata. Sering kali seorang petembak kehilangan peluang mendapatkan tembakan yang sempurna karena perlakuan yang kasar terhadap picu (tarikan picu dihentak) yang disebut jerking. Setenang apapun nafas kita, sebagus apapun gambar bidik kita, jika eksekusi terakhir terhadap picu dihentak maka hilang sudah tembakan yang sempurna.
Untuk dapat menjadi seorang petembak yang baik tidak cukup hanya didukung oleh fisik yang kuat dan senjata yang mahal. Dibutuhkan pula olah rasa dalam pengendalian emosi untuk meningkatkan konsentrasi dan teknik tembakan.

Lakukanlah drill kering dan visualisasi untuk meningkatkan kemampuan menembak. 

Manfaat Olahraga Menembak

Adapun manfaat lain dari olahraga menembak yakni :


1. Menembak ternyata dapat membantu memberi manfaat bagi fisik. Yakni Menambah kekuatan, stamina, koordinasi tangan dan mata juga melatih kemampuan motorik.
2. Sebenarnya, untuk menembak dengan menggunakan senjata tidak selamanya membutuhkan kekuatan, tangan dan lengan yang kokoh, untuk dapat menembak target. Namun juga harus menjaga agar tangan dan lengan tetap stabil.
3. Saat telah menentukan target, kalian harus menjaga mata Anda tetap pada target sembari memegang senjata. Posisi ini memerlukan banyak fokus dan konsentrasi.
4. Ternyata, latihan menembak juga dapat melatih kapabilitas mata bila mempunyai kekurangan pada penglihatan.
5. Olahraga menembak 90% adalah mengenai mental. Level konsentrasi Anda akan ditajamkan dan dikembangkan. Berbagai macam permasalahan yang membutuhkan penyelesaian logis akan Anda temui, begitu juga matematika dan pemikiran kreatif yang sangat dibutuhkan agar bisa sukses dalam menaklukan setiap level pada latihan menembak.
6. Memegang senjata dan menembakannya bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Kalian bisa merasakan adrenaline melunjak dan menyebakan lonjakan energi di aliran darah. Nah, meningkatkan level adrenalin di darah kalian dapat menghancurkan glikogen, yang dapat menjadi sumber energi di tubuh.

Komentar